Selasa, 19 Agustus 2014

Psikologi





Pengertian Psikologi
 
Psikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Secara harafiah psikologi diartikan sebagal ilmu jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa ini istilah jiwa sudah jarang dipakai dan diganti dengan istilah psikis.

Pengertian Psikologi Menurut Beberapa Ahli


Ada banyak ahli yang mengemukakan pendapat tentang pengertian psikologi, diantaranya:

  1. Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat  secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.
  2. Pengertian Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
  3. Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.

Sejarah psikologi

Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, psikologi melalui sebuah perjalanan panjang. Konsep psikologi dapat ditelusuri jauh ke masa Yunani kuno. Psikologi memiliki akar dari bidang ilmu filosofi yang diprakarsai sejak zaman Aristoteles sebagai ilmu jiwa, yaitu ilmu untuk kekuatan hidup. Aristoteles memandang ilmu jiwa sebagai ilmu yang mempelajari gejala - gejala kehidupan. Jiwa adalah unsur kehidupan (Anima), karena itu tiap - tiap makhluk hidup mempunyai jiwa. Dapat dikatakan bahwa sejarah psikologi sejalan dengan perkembangan intelektual di Eropa, dan mendapatkan bentuk pragmatisnya di benua Amerika


Dapat diketahui bahwa pengertian psikologi merupakan ilmu tentang tingkah laku. Pada hakekatnya tingkah laku manusia itu sangat luas, semua yang dialami dan dilakukan manusia merupakan tingkah laku. Semenjak bangun tidur sampai tidur kembali manusia dipenuhi oleh berbagai tingkah laku. Dengan demikian objek ilmu psikologi sangat luas.
 Dalam psikologi terdapat beberapa bidang-bidang penelitian psikologi, menurut Plotnik terdapat 7 wilayah penelitian, yaitu:
  • Psikologi Sosial: mencakup penelitian tentang hubungan social, sterotip, prasangka, sikap, konfromitas (ingin menjadi sama/konform), perilaku kelompok, dan agresi/kekerasan.
  • Psikologi Kepribadian: mencakup penelitian tentang perkembangan kepribadian, perubahan kepribadian, pengukuran, dan perilaku abnormal.
  • Psikologi Perkembangan: mencakup penelitian tentang perkembangan moral, social, emosional dan perkembangan kognitif yang tercermin dari seluruh kehidupan pribadi.
  • Psikologi Eksperimen: mencakup bidang sensasi, persepsi, pembelajaran,performance, motivasi dan emosi.
  • Psikologi Biologi: mencakup penelitian tentang perubahan fisik dan kimia yang terjadi selama stress, selama belajar, selama mengalami emosi, selama mengalami kondisi yang diwariskan dari keturunan, dan mempelajari apa yang terjadi dalam otak, dan dalam interaksi sistem syaraf dengan lingkungan, serta pengaruhnya terhadap perilaku.
  • Psikologi Kognitif: mencakup bagaimana individu memroses, menyimpan, mendapatkan kembali informasi dan bagaimana proses kognitif mempengaruhi perilaku.
  • Psikometrik: berfokus pada pengukuran kemampuan, keterampilan, intelegensi, kepribadian dan prilaku abnormal.


Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar